Mengenang 100 hari kepergian GUSDUR

April 8, 2010 at 4:06 pm Tinggalkan komentar


Surabaya – Wafatnya mantan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sangat luar biasa respon dan mengundang kesedihan dari berbagai pihak. Bahkan tidak ada presiden di dunia ini yang menyaingi.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengaku ada tiga tokoh yang wafat dan mendapatkan sambutan luar biasa yakni, Mahatma Gandhi dari India, Jhon F Kennedy Presiden Amerika Serikat dan Ayatollah Khomeini dari Iran.

”Gus Dur merupakan satu-satunya orang Indonesia yang mendapat sambutan dan mengundang kesedihan luar biasa,” kata Mahfud MD kepada wartawan usai menjadi nara sumber seminar memperingati 100 hari wafatnya Gus Dur bertema ‘Aktualisasi Pemikiran Gus Dur sebagai Guru dalam Hidup Berbangsa’ di kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (8/4/2010).

Bahkan menurutnya, hingga 100 hari wafatnya Gus Dur tidak henti-hentinya umat menyambangi dan ziarah ke makamnya. ”Tidak ada yang lebih lama dari Gus Dur. Banyaknya mungkin bisa menyamai Gus Dur, tapi Gus Dur wafat sudah 100 hari masih ramai,” tuturnya.

Dalam seminar tersebut, juga hadir dua nara sumber lainnya, yakni Pendeta Simon F dan KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah). Dalam kesempatan itu Pendeta Simon mengaku, Gus Dur adalah tokoh pluralisme, demokratis dan dikenal pemberani membela orang kecil atau minoritas.

”Ibaratnya Gus Dur adalah lautan yang sangat luas. Pemikiran Gus Dur yang berani dan kritis, tetapi demokratis dan pluralisme,” kata Simon.

Sementara itu, Gus Sholah adik kandung Gus Dur mengatakan, saat ini bukan mengaktualisasi pemikiran Gus Dur sebagai guru dalam hidup berbangsa. ”Tapi harus diimplementasi pemikirannya dalam hidup berbangsa,” jelas Gus Sholah.

Entry filed under: Nahdlotul Ulama'. Tags: .

Pengundian Nomor Urut Ricuh, KPU Bantah Ada Unsur Kesengajaan Brondong bersiap Tampung Kapal Besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

KALENDER

April 2010
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Artikel Lawas

Pengunjung Online


%d blogger menyukai ini: