Pezinah tidak boleh mencalonkan diri jadi Kepala Daerah

April 17, 2010 at 8:11 am Tinggalkan komentar


Jakarta (beritakota.net) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi menyatakan orang yang pernah berbuat mesum atau berzina tidak akan diperbolehkan mencalonkan kepala daerah.

Pernyataan tegas dari mantan Gubernur Sumatera Barat itu disampaikan seusai pembukaan Munas Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) oleh Presiden SBY di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Jumat (16/4).

Menurut Gamawan untuk menjadi calon kepala daerah bukan hanya berbekal pada pengalaman berorganisasi, tetapi yang paling penting yaitu calon kepala daerah harus lolos dari saringan cacat moral, sehingga calon harus tidak terindikasi pernah berbuat mesum, atau berselingkuh apalagi bila sampai ada bukti visual baik berupa foto dan video.

“Pemerintah nanti akan mempertegas kembali peraturan mengenai pemerintahan daerah, misalnya orang yang dikenal pernah berzina tidak boleh jadi bupati,” ujar Gamawan.

Namun sebetulnya kententuan tersebut, lanjut mantan Bupati Solok ini sudah tercantum di dalam persyaratan bagi pasangan bakal calon kepala daerah. Tetapi karena terkendala unsur bukti fisik, seringkali KPU terlambat membuat keputusan padahal sejak awal mereka bisa membatalkan keikutsertaan si pasangan calon dalam kompetisi.

“Saya dengar dulu ada kasusnya , sebenarnya itu tidak boleh. Foto porno itu juga cacat moral,”tambah mantan Kabag Humas Pemprov Sumatera Barat ini.

Berangkat dari kasus tersebut, lanjut Gamawan maka pemerintah akan menegaskan kembali persyaratan mengenai cacat moral. Penegasan dicantumkan dalam draf revisi UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah yang sedang pemerintah matangkan.

“Juni nanti Isya Allah bisa kita ajukan ke DPR,” pungkas pria kelahiran Solok, Sumatera Barat 9 Nopember 1957 itu

Entry filed under: Pilkada JATIM. Tags: .

Maria Eva Nekat Ramaikan PILKADA Sidoarjo KPUK Lamongan Tawarkan Dua Format Kampanye

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

KALENDER

April 2010
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Artikel Lawas

Pengunjung Online


%d blogger menyukai ini: